Amplifier Terbaru McIntosh, MC901

Amplifier Terbaru McIntosh, MC901

Galeri desound Melawai dan Audio Centre di Glodok Plaza baru saja punya model baru amplifier monoblok McIntosh, MC 901. Selain memiliki teknologi baru tanpa melupakan serangkaian teknologi lama McIntosh, amplifier ini juga punya beberapa keistimewaan.

Mengamati model ini, dari desainnya terlihat menarik. Tetapi yang paling menarik dan terlihat unik adalah, ini adalah dua amplifier yang digabungkan menjadi satu. Satunya amplifier tabung, lainnya amplifier solid state. Dan setiap amplifier ini menawarkan filosofi desain tersendiri.

MC901, menggabungkan kelebihan dari teknologi digital dan analog dalam satu sasis

MC901 memakai sebuah amplifier tabung 300 Watt  yang ditempatkan ke sebuah amplifier solid state 600 Watt dalam sebuah sasis.  Tabung 300 Watt ini mendrive driver mid dan upper dari speaker melalui delapan tabung output KT88, plus empat tabung 12AT7 dan dua tabung signyal 12AX7A. Sedangkan bagian solid state-nya bermain di 600 Watt power untk mendrive woofer speaker.

Ada  teknologi  khas  yang sudah lama dipatenkan McIntosh di model ini, misalnya pada tabung 300 Watt di MC901, menggunakan trafo output bernama Unity Coupled Circuit. Teknologi yang sama pernah digunakan pada tahun 1949 untuk mengalirkan power sebesar 300 Watt ke speaker apapun, pada impedansi sebesar 2, 4 atau 8 ohm. Sama seperti amplifier soilid state 600 Watt yang mengalirkan power berkekuatan 600 Watt-nya ke speaker berimpedansi 2, 4 atau 8 Ohm melalui teknologi Autoformer-nya McIntosh.

McIntosh rupanya melihat, perangkat tabung tidak akan tampil maksimal ketika mereka sedang menguatkan frekuensi frekuensi bawah yang sedang tidak digunakan oleh speaker. Rupanya dengan MC901 ini, amplifier tabung ini tak akan terbebani oleh reproduksi reproduksi bawah ini karena bagian solid state-nya akan mendrive frekuensi frekuensi ini. Jadi, dua bagian amplifeir dari MC901 ini memang didesain untuk dapat bekerja bersama dalam pola yang sinergis, dan diupayakan secara teknis bahwa setiap bagian hanya menguatkan frekuensi frekuensi tertentu saja. Setiap bagian amplifier ini punya catu daya terpisah masing masing

Yang khas dari penampilan amplifier McIntosh adalah ikonik watt meter “McIntosh Blue” yang McIntosh maksudkan adalah lambang audio yang punya kualitas tinggi. Dan karena model MC901 ini punya desain yang baru, maka sekalianlah diperkenalkan DualView Power Output Meter dari McIntosh. DualView  meter ini ingin menampilkan dua meter berbeda. Satu meter untuk menunjukkan amplifier tabung 300 watt dan lainnya untuk yang amplifier solid state 600 Watt. Setiap meter ini bekerja independen dan menampilkan kekuatan(power) real time masing masing bagian.

Terminal input output MC901

Teknologi lain yang ditampilkan MC901 adalah seperti Power Guard di bagian amplifier  solid state 600 Watt-nya. Lalu Sentry Monitor, desain Quad Balanced, Power Control, Binding post speaker Solid Cinch, Heatsink Monogrammed McIntosh dan Power Management System yang ‘eco friendly’nya McIntosh.

Teknologi terbaru di bagian amplifier tabung 300 Watt dari model ini adalah Power Guard Screen Grid Sensor (SGS) yang mencegah terjadinya kegagalan operasi (failure) dari bagian ini dengan cara memonitor terus arus di screen grid dari tabung KT88 yang digunakan.  Jika arus listrik terlalu tinggi, maka akan mengaktifkan sebuah sirkuit di Power Guard SGS, yang nantinya akan membuat tabung ini tetap berada di zona aman (safe level)nya.

MC901 dengan tampilan dua indikator berbeda dalam satu display

Inilah salah satu yang menarik dari MC901. Bisa anda cicipi rasanya dengan berkunjung ke galeri desound,yang ada di Melawai. Atau ke Audio Centre di Glodok Plaza, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ga('send', 'pageview');