Mengejar Kualitas Main Musik via Kabel

Mengejar Kualitas Main Musik via Kabel

Melihat kabel Kenkraft Labs

Suara maksimal seperti apa yang bisa dijanjikan oleh kabel, bila kita sudi meluangkan waktu bereksperimen dengannya?  Apakah dijamin pada waktunya nanti, dapat membuat sistem audio kita  kian improve? Jika memang benar demikian, dapatkah dikatakan bahwa kabel itu adalah alat untuk kita main EQ?  EQ yang berhasil tentu dapat mencegah seseorang mengganti komponen dalam sistemnya. Nah, kabel apa dahulu yang sebaiknya kita coba(karena perubahannya paling drastis bila diganti)? Kabel interkonek, power cord atau speaker?

Ini baru sebagian pertanyaan yang ingin AVI ajukan ke Sifu Kenneth, desainer kabel audio bermerk Kenkraft Labs, ketika bertemu dengannya di sebuah ruang audio di Semarang.  Ruang milik pehobi audio yang baru saja kembali menggeluti audio, setelah sempat beberapa bulan vakum.

Kabel Kenkraft Labs digunakan sebagai kabel interkonek, power cord dan speaker pada sistem milik pehobi Semarang ini. Diruangannya ada speaker Tannoy Prestige mode Westminster Gold Reference. Didukung oleh CD transport Audio Research dan pemutar digital Kenkraft Labs. Ada preamplifier Audio Research dan power amplifier Manley labs. Sistem ini juga didukung sebuah  power distributor keluaran Kenkraft Labs.

Ada nuansa baru tersendiri yang hadir di ruangan ini. Apakah ini juga berkat peran kabel Kenkraft Labs? Bisa jadi. Selain kabel, tentu karena faktor keakustikan ruang. Saat itu tim dari Graha Audiophile yang juga memegang merk Kenkraft Labs ini melakukan treatmen ruangan pehobi ini. Salah satunya adalah dengan memakai

Foto : Sifu Kenneth(paling kanan)

beberapa panel akustik. Mari lihat rupa dari difuser ini. Mengenai difuser ini, ada cerita menarik tersendiri, yang tentu akan kami tengahkan pada artikel berikut

 Apa yang sesungguhnyadibawa oleh kabel kabel Kenkraft Labs ke ruangan ini? Dari hasil obrolan dengan Sifu, ada satu hal yang kami tandai yakni tentang emosi orang bermain musik, menjadikan sistem bisa menyajikan hawa musik – yang dibawa oleh kabel kabelnya.

AVI         : Apa maksimal dari sebuah kabel?

Sifu        : Jika di kabel kami, yang bisa diraih maksimal adalah pada kualitas main musiknya.  Sebelumnya, kami mengejar linieritas dari tonal serta cantiknya suara rekaman. Tetapi apakah soulnya bisa keluar?  Disinilah Kabel Kenkraft Labs tidak hanya sekedar mengejar keakurasian melainkan harmoni, dengan kualitas bermain musik. Beda dengan dahulu dimana  yang kami kejar memang linieritas dari tonal dan cantiknya suara rekaman.

AVI                         : Apa kabel yang paling signifikan mengubah suasana musik?

Sifu                        : menurut kami, power cord. Mengapa? Karena  perubahan suara jika kita menggunakan power cord adalah yang  paling keliatan. Disitu anda bisa melihat misalnya apakah sistem bermain dengan lebih rapih,  tenang dan tak terburu-buru suaranya.  Ini jelas banget ciri khasnya.

Foto : Sistem di Semarang yang memakai tiga kabel Kenkraft Labs berbeda.

AVI         : Jadi, apa yang terpenting di dalam sebuah kabel ? dalam konstruksinya?

Sifu        : Tugas sebuah  kabel, pastinya tentu harus dapat menampilkan musik yang berkualitas. Menjangkau keakurasian tonal akurasinya. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana kualitas main musiknya. Akurasinya bisa muncul bisa tidak.

AVI         : Bagaimana kesan mereka yang pernah dengar kabel Kenkraft Labs?

Sifu        : Ada beberapa testimoni tentu. Salah satunya misalnya dari pak Asawendo. Suatu kali kabel seri terbaru Kenkraft Labs bernama Apollo power cord pernah saya bawa ke soundroom di rumahnya. Dia tes dan akhirnya berpendapat bahwa kabel ini  baik karakternya.  Power cord ini memang kami tata harmoniknya juga iramanya. Begitu soul dari musik keluar, kontras musik pun akan kelihatan. Orang yang telinganya  terlatih saya yakin akan mengatakan bahwa kabel ini ngesoul. Ada juga yang mengatakan bahwa kabel ini sanggup memainkan  pace, rhtym timing sama harmonik dengan baik.

Foto : Model Apollo

Betapapun kabel kadang dianaktirikan, nyatanya pengaruhnya signifikan dalam mempengaruhi kesan suara yang tampil.Kabel yang ideal tentu saja adalah kabel yang tidak membawa warna suara tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ga('send', 'pageview');