Ngobrol dengan Lars T. ‘B&W’.

Ngobrol dengan Lars T. ‘B&W’.

Lars T. Hundborg, Chief Executive Oficer dari B&W Group Asia Limited  pernah kami temui di sebuah hotel di Singapore dalam acara launching seri baru Diamond 800 B&W. Apa saja obrolan kami, berikut adalah petikannya.

Apa saja yang baru di model Diamond 800 kali ini?

Diamond 800

Cukup banyak.  Pada dasarnya ada 868 komponen (parts) adalah baru. Para engineer kami total telah mengubah setiap blok bagian, dan melihat apa kemajuan yang diperoleh.Akhirnya  mereka  berhasil melakukan sejumlah perbaikan dengan memakai ke-868 komponen baru tersebut.  Menyisakan empat komponen  lama yang digunakan di model sebelumnya (yang kemudian masih digunakan di model terbaru ini). Inilah kemajuannya.

Lalu kita memiliki struktur cabinet yang baru.  Bracing internal yang  baru. Di bagian driver midrange pun kami perbaharui dengan sesuatu yang kami namakan dengan Continuum, yang menggantikan teknologi sebelumnya yakni  Kevlar. Kami  menemukan sebuah bahan baru, tetapi dalam melakukan perubahan kami memiliki sebuah pola pada bahan yang kami gunakan.  Walau woofernya baru, plinth-nya juga baru, dengan head yang baru, tetapi ada yang tidak baru, yakni tweeter Diamond.

Mengapa tidak sekalian diganti?

Mengapa? Karena staf teknik kami mengatakan, pada tahapan ini mereka belum dapat menemukan suatu bahan atau konsep lain yang lebih baik dari tweeter yang sekarang.  Mereka masih percaya bahwa Diamond masih yang terbaik saat ini

Jadi perubahan yang diterapkan sangat  radikal ya ?

Iya bisa dikatakan demikian

Bagaimana dengan konstruksi kabinet kini?

Kali ini kami gunakan konsep yang disebut dengan Matrix. Pada dasarnya kita berusaha agar kabinet kian tahan terhadap vibrasi (kabinetnya tidak bergetar sedikitpun) apalagi bergerak.  Maka  kami berusaha agar internal matrix, internal bracing, memiliki beberapa area kontak dengan kabinet, untuk meyakinkan bahwa kabinet sama sekali tidak bergerak.  

Seri Diamond 800 ini kini menjadi  model flagshipnya seri Diamond.  Apa yang membuatnya demikian?

Pertama, tentu saja teknologinya. Inilah teknologi terbaik yang dimiliki B&W saat ini.  Dan tentu bila anda melihat kepada perusahaan lain denganproduknya masing masing, teknologi ini kami yakini lebih baik. Tweeter Diamond  adalah tweeter terbaik yang pernah anda temukan.

sosok woofernya

Dan perlu diingat, ketika kami tengah mengembangkan produk ini,  memiliki banyak alat ukur high end professional.  Kami gunakan suatu konsep yang dinamakan dengan FEA (Finite Element Analysis). Di metoda ini,  kami lakukan sejumlah pengukuran terhadap semua komponen, juga kabinet dan drive unit.  Semua kami ukur. Dan kami akan ketahui bila ada yang tidak benar. Lalu kami beranjak kepada bagian mana yang ingin kita tingkatkan  karena kami  memang selalu akan mencoba  menjadi lebih baik.  Maka akhirnya, ya ini adalah model yang paling bergengsi dari B&W di seri ini.

Tentu anda yakin model ini akan menjadi salah satu yang terbaik di tahun ini.

Benar. Saya yakin bahwa dengan kemunculannya, model ini   akan menjadi Product of the Year di beberapa negara.  Kini produk ini juga tengah di review di  banyak belahan dunia, dan banyak orang yang kami dengar  terperangah dengan suaranya .   Model ini mereka katakan jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

Bagaimana dengan bahan mentah yang digunakan?

 Speaker ini memakai  plywood terkompresi.   Disini banyak layer dari plywood yang disatukan bersama. Lalu kita taburi lem diantara layer layer itu.  Dari sini didapatkan ketipisan.  Lalu kita panaskan, dan menaruhnya di mesin.  Anda bisa dapatkan ini di video yang menunjukkan bagaimana kami membuat kabinet.   

Saat uji dengar di Singapura

Di sisi bracing sisi dalam, model  802 menurut saya  bobotnya ada disekitar 40 kilogram. Lebih berat dibandingkan model sebelumnya. Menandakan cukup banyak komponen yang berat.  Bagi kami, untuk dapat menghadirkan sebuah speaker yang baik, kita harus yakin dahulu bahwa tidak ada getaran di kabinet.  Kita hanya ingin mendengarkan suara yang datang dari drive unit.  Jika ada sesuatu yang bergetar di kabinet atau tempat lain, getaran ini mengakibatkan kita yang mendengar  seperti  ada speaker tambahan. Ini semua sebenarnya  hanya tentang bagaimana mengeliminir, yang kita sebut dengan difraksi, resonansi atau sebutan lain lagi.  Inilah yang harus kita eliminir.  Inilah yang membuat kami memakai banyak pengukuran, hanya untuk meyakinkan bahwa suara yang didengar itu seluruhnya adalah suara dari drive unit.  Maka, inilah yang kemudian turut menjadi penyebab  mengapa kabinet ini terbilang  berat. Dan ini berarti memang merupakan sebuah kerja yang rumit.

Sisi fisik kayu sangat diperhatikan ya

Betul, boleh saya bercerita sedikit, bila anda tahu di negeri kami, Denmark , saat musim dingin tiba, bila kita membuka tutup pintu rumah yang terbuat dari kayu, sangatlah mudah.  Tetapi saat musim panas dimana kayu mengalami sedikit panas dan hangat, dia akan mengembang, dan saat itu tentu cukup sulit membuka tutup pintu.  Inilah sisi fisik dan alam dari kayu itu sendiri.

Inilah obrolan AVI dengan Lars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ga('send', 'pageview');