Speaker yang Hilang di Pojokan

Gatot Susetyo

Renungan setelah pertemuan dengan James Healey, Audio Note

Apa yang anda beli di sistem stereo high end. Suaranya atau bentuknya? Coba anda bandingkan sebuah speaker horn yang didesain dengan begitu manisnya dipandang mata. Bandingkan dengan sebuah speaker Audio Note yang bentuknya hanya kotak. Mana yang lebih anda pilih ?

James Healey sempat mengutarakan bahwa bentuk yang manis akan sia sia bila suaranya tidak sehebat desainnya.  James ini, seperti pernah kami beritakan, adalah seorang profesional dari Audio Note UK, yang datang ke Jakarta, 24 Agustus 2019 lalu. Speaker Audio Note (AN) dikatakannya mendisain boks dengan desain tertentu dimana akan memanfaatkan ruangan dan dinding dibelakang sistem untuk dapat menciptakan suara yang terbaik. Coba anda putar satu lagu yang direkam dengan baik, lalu anda putar dengan sistem yang baik dan memakai speaker ini. Lalu coba anda tutup mata. Dengarkan dengan baik suaranya. Dijamin, kita akan sulit mengetahui, bahwa ini keluar dari speaker. Ini karena speaker ini bisa ‘menghilang’.

James sempat bercerita bagaimana dia pertama kali mendengar suara rekaman dari hi fi system adalah ketika mendengar suara rekaman pintu yang dibanting. Dia kaget. Suara itu seperti suara asli pintu yang dibanting. Dia tak bisa menduga bahwa itu keluar dari sebuah speaker. Sayangnya, kami lupa menanyakan, apakah itu speaker Audio Note yang dia dengarkan atau bukan. Tetapi tentu, sangat powerfullah speaker itu. Jadi ingat, betapa speaker Audio Note sanggup main kencang, saat diletakkan di pojokkan ruang(seperti terlihat di gambar utama di atas, di rumah seorang pehobi audio di kawasan Serpong, Tangerang). Mengapa di pojokan, kata James karena pojokan ini digunakan untuk menghasilkan keluaran suara yang baik,khususnya di bass.

Punya speaker Audio Note ini memang direkomendasikan untuk sedekat mungkin dengan pojok ruang (corner), bahkan posisinya disarankan nyaris bersentuhan dengan dinding samping dan belakang ruang. Dengan menempatkannya di cara demikian, maka dia diyakini bisa menghasilkan suara yang hebat. Tentu saja cara ini digunakan dengan melihat juga desain boksnya. Dengan kebijakan seperti ini tokh tonal suara dirasakan bisa juga akurat atau benar.

Jika ingin lebih tahu tentang posisi speaker ini,  anda bisa membaca artikel review di link berikut : Audio Note J/SPe Loudspeaker Review . Dan jika anda punya waktu untuk baca baca soal penempatan/posisi  speaker seperti Audio Note ini, coba anda baca artikel di link berikut ini   http://www.audionote.eu/usermanual/en/loudspeaker/ane.pdf



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Soundbar HEOS Baru Denon

Denon memperkenalkan dua soundbar dengan fitur HEOS di bulan Agustus 2019 ini. Modelnya, DHT-S516H dan DHT-S716H. Bagaimana fiturnya? Keduanya menggabungkan input 4K dengan dukungan ARC, prosesing DSP, penguat dan kemampuan memainkan file hi res. Tak kalah hebat adalah adanya kemampuan streaming HEOS yang sudah built in. Juga voice control. Memakai […]